Jumat, 01 Oktober 2010

1. Teknik panning

teknik panning yg benar..

Panning adalah sesuatu yang perlu dilatih Bro. Inti dari panning adalah mengikuti sebuah objek bergerak dan mengusahakannya agar posisi objek tersebut relatif tidak berubah dalam frame sementara objek lain/background menjadi blur akibat penggunaan speed yang rendah.

Dari foto panning di atas, masalah utamanya adalah over exposure. Kemungkinan waktu Anda menekan rana setengah metering mengunci pada daerah shadow (mis. rumah yang warnanya gelap) dan saat rana ditekan penuh dan gambar diambil posisi frame menangkap daerah highlight (yang terkena sinar matahari langsung) sehingga hasilnya over. Solusi masalah ini bisa menggunakan mode full manual saja dan lakukan metering pada daerah yang diinginkan.

Masalah kedua: membuat subyek tidak ikut blur membutuhkan banyak latihan. Pada foto di atas speed juga terlalu rendah. Untuk panning dengan handheld dan posisi cukup wide sebaiknya hindari speed yang terlalu rendah. Minimal 1/30. Panning dengan speed rendah bisa lebih mudah dilakukan menggunakan alat bantu seperti tripod. Itu pun tetap membutuhkan banyak latihan. Sehingga inti dari penguasaan panning adalah perbanyak latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar